Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Teks eksposisi tentang kesehatan merupakan salah satu dari berbagai topik yang menarik untuk dibahas dalam teks eksposisi. Teks tersebut berisi tentang dunia kesehatan dari berbagai aspek. Hal tersebut menjadi menarik dikarenakan masalah kesehatan menjadi salah satu hal yang ada di seluruh penjuru dunia.

Ada banyak topik yang bisa dijabarkan dari sebuah tema kesehatan, seperti makanan cepat saji, keuntungan minum air, dan masih banyak lagi contohnya. Pada kesempatan kali ini contohteks.id akan berbagi kepada kalian mengenai contoh teks eksposisi tentang kesehatan singkat beserta strukturnya. Apa saja struktur dari teks eksposisi? (Baca : Pengertian dan Struktur Teks Eksposisi Secara Lengkap)

Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Kesehatan adalah aset yang sangat berharga pada tubuh kita, untuk itu harga kesehatan sangatlah mahal. Apabila sakit, apapun aktivitas yang dikerjakan akan terasa berat. Serta biaya berobat juga amatlah mahal. Oleh karena itu, hal tersebut sangat menarik untuk dibahas betapa berharganya kesehatan. Kami akan berbagi kepada kalian beberapa contoh dari teks eksposisi tentang kesehatan.

#1 Teks Eksposisi Tentang Kesehatan: Manfaat yang Luar Biasa dari Air Minum

Tesis

Air sangat penting untuk kesehatan yang baik. Dengan meminumnya membantu membuang racun tubuh sambil memberikan nutrisi penting ke sel-sel kita. Ini membantu pencernaan dan menjaga tubuh kita tetap terhidrasi.

Argumentasi #1

Delapan gelas air per hari harus menjadi tujuan Anda. Tidak hanya akan membantu menghilangkan kontaminasi dari tubuh Anda, air juga akan mengisi perut Anda tanpa menambah kalori. Minum air dengan makanan Anda adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori ekstra dan akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Jika Anda tidak suka minum air atau merasa bosan dan hambar, teh tanpa pemanis tentu saja merupakan pengganti yang sehat. Perasan lemon ke dalam air atau teh Anda, adalah cara yang hebat untuk menambahkan rasa tanpa kalori tambahan juga.

Argumentasi #2

Ini penting, terutama ketika Anda berolahraga untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Minum air putih saat berolahraga membantu mengatur suhu tubuh melalui kelenjar keringat. Saat kita berkeringat, tubuh kita menjadi dingin. Dengan menjaga diri agar tetap terhidrasi dengan baik, kami menjaga proses vital ini bekerja sebaik mungkin.

Anda biasanya dapat mengetahui apakah Anda telah minum cukup air dengan warna urin Anda. Kecuali jika Anda mengonsumsi vitamin yang tinggi zat besi, urin Anda harus berwarna sedikit. Zat besi cenderung membuat air seni lebih gelap. Ketika Anda terhidrasi dengan baik, air yang meninggalkan tubuh Anda di jalan urin harus hampir jernih.

Argumentasi #3

Minum cukup air setiap hari juga akan meningkatkan fungsi ginjal Anda. Dengan membantu pencernaan, dan mempercepat cara tubuh Anda memproses makanan, jumlah air yang cukup akan mempercepat metabolisme, membuat penurunan berat badan lebih mudah dan lebih tahan lama.

Air merangsang sirkulasi darah dan mengatur keseimbangan alami kulit Anda. Ini membantu untuk merevitalisasi, mendetoksifikasi dan memberi oksigenasi kulit. Minum banyak air akan membantu menggantikan kelembaban yang hilang di wajah Anda melalui radikal bebas dan bentuk stres lainnya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Penegasan Ulang

Buat titik untuk minum air sebanyak mungkin setiap hari. Bawalah air ketika Anda mengendarai mobil, menonton televisi, meringkuk dengan buku, atau duduk di luar bersama anak-anak. Targetkan 8 gelas sehari jika memungkinkan. Anda akan menikmati banyak manfaat kesehatan yang disediakan air minum.

Teks eksposisi tentang kesehatan beserta strukturnya

#2 Teks Eksposisi Tentang Kesehatan: Pentingnya Minum Air Mineral

Tesis

Air minum penting bagi kesehatan kita, karena 70% manusia tersusun atas air. Kita harus menjaga cairan tubuh kita dengan air minum. Setiap hari kita kehilangan cairan tubuh karena keringat, pernapasan, dan ekskresi. Itu sebabnya kita harus minum 8 gelas air per hari. Air minum juga memiliki banyak keuntungan bagi kita.

Argumentasi #1

Dengan minum air putih, dapat menjaga cairan tubuh kita tetap stabil untuk menjaga fungsi tubuh kita. Bisa dibayangkan jika cairan tubuh kita tidak stabil, maka kita akan sakit. Keuntungan lainnya adalah memberi energi pada otot dan persendian kita. Dan mungkin yang paling penting dari air minum adalah untuk melindungi sumsum tulang belakang kita dan sistem tubuh kita yang sensitif.

Argumentasi #2

Tidak hanya itu, air minum juga memberi manfaat bagi kulit kita. Air minum dapat menjaga kulit kita tetap segar dan lembab. Dan yang terakhir, air minum juga dapat mengontrol asupan kalori kita sehingga kalian tidak perlu khawatir jika ingin makan porsi banyak.

Penegasan Ulang

Oleh karena itu, dapat dilihat bahwa air minum sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kita berdasarkan alasan yang disebutkan di atas.

Teks Eksposisi Kesehatan Fast Food
Fast food: burger

#3 Teks Eksposisi Tentang Kesehatan: Makanan Cepat Saji Buruk untuk Kehidupan Sehari-hari

Tesis

Di era modern, pengetahuan dan teknologi tumbuh sangat cepat. Salah satunya adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji adalah makanan yang dilayani dengan cepat karena sudah tersedia. Makanan tersebut memiliki rasa yang lezat. Banyak orang berpendapat bahwa jika kita tidak memakannya, mereka akan merasa ‘tidak keren’. Biasanya, kita makan makanan cepat saji seperti burger, sandwich, pizza, dan sebagainya ketika kita nongkrong dengan teman-teman kita. Tetapi sebenarnya, makanan cepat saji buruk untuk kehidupan sehari-hari karena berbagai alasan.

Argumentasi #1

Alasan pertama mengapa makanan cepat saji buruk bagi kehidupan sehari-hari adalah, makanan cepat saji tidak mengandung nutrisi yang cukup yang disarankan. Nutrisi adalah zat kimia yang kita butuhkan untuk tubuh kita, jadi kita bisa melakukan apa saja seperti berjalan, berlari, dan sebagainya. Malnutrisi dapat menyebabkan pertumbuhan dan fungsi tubuh yang buruk.

Penelitian tahun 2010 oleh dr. Fiastuti Wicaksono, Sp. Gk dari Universitas Indonesia (UI) membuktikan bahwa makanan cepat saji telah dimasak lebih awal, sehingga nutrisi dalam makanan cepat saji seperti vitamin dan mineral telah hilang. Selain itu, makanan cepat saji tidak dapat larut oleh tubuh kita. 1 dari 10 siswa di sekolah mengalami obesitas karena makan makanan cepat saji. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Argumentasi #2

Alasan kedua mengapa makanan cepat saji buruk bagi kehidupan sehari-hari adalah, dapat menyebabkan kebodohan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang pintar atau bodoh, seperti pendidikannya dan makanannya. Makanan yang tidak sehat dapat menurunkan fungsi otak.

Penelitian oleh dr. Kelly Purte dari Ohio State University, AS membuktikan bahwa dari 8.500 siswa, 52% mengonsumsi makanan cepat saji 1-3 kali / minggu, 10% mengonsumsi makanan cepat saji 4-6 kali / minggu, dan 10% mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari. Dan hasilnya, siswa yang mengkonsumsi makanan cepat saji mendapat nilai buruk di sekolah mereka, dan siswa yang tidak mengkonsumsi makanan cepat saji mendapat nilai bagus di sekolah mereka.

Argumentasi #3

Alasan ketiga mengapa makanan cepat saji buruk bagi kehidupan sehari-hari adalah, membeli makanan cepat saji itu boros. Di era modern, orang menginginkan segalanya secara praktis. Sekarang, sebagian besar orang tidak suka memasak, jadi mereka mulai mengonsumsi makanan cepat saji untuk menu harian mereka. Penelitian oleh Suryanti Aristawati, seorang mahasiswa dari Jombang membuktikan bahwa 52 dari 100 responden menyukai makanan cepat saji karena enak, sederhana, cepat, dan murah. Karena itu, mereka membeli makanan cepat saji lebih sering daripada biasanya. Artinya orang akan lebih boros.

Penegasan Ulang dan Kesimpulan

Berdasarkan berbagai alasan tersebut, kita harus mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Akan lebih baik jika kita berhenti mengkonsumsinya. Dan kita harus mengubah makanan tidak sehat kita menjadi makanan sehat. Selain itu, kita harus berolahraga secara teratur agar kita tidak mudah sakit. (Baca : Contoh Teks Eksposisi Tentang Olahraga).

Teks Eksposisi tentang kesehatan beserta strukturnya

#4 Teks Eksposisi Tentang Kesehatan: Efek Asap Mobil Terhadap Kesehatan

Tesis

Mobil harus dibatasi penggunaannya di kota. Seperti yang kita semua tahu, mobil menciptakan polusi, dan menyebabkan banyak kematian di jalan dan kecelakaan lainnya.

Argumentasi #1

Pertama, mobil, seperti yang kita semua tahu, berkontribusi terhadap sebagian besar polusi di dunia. Mobil mengeluarkan gas mematikan yang menyebabkan penyakit seperti bronkitis, kanker paru-paru, dan ‘memicu’ asma. Beberapa penyakit ini sangat buruk bahkan hingga menyebabkan kematian.

Argumentasi #2

Kedua, kehidupan kota sangat sibuk. Pejalan kaki berkeliaran di mana-mana dan mobil biasanya menabrak pejalan kaki di kota, yang menyebabkan kematian. Mobil saat ini adalah pembunuh jalanan terbesar. Alasan lainnya adalah mobil sangat bising. Jika Anda tinggal di kota, Anda mungkin sulit tidur di malam hari, atau berkonsentrasi pada pekerjaan rumah Anda, dan terutama berbicara dengan seseorang.

Penegasan Ulang

Sebagai kesimpulan, maka alangkah baiknya apabila penggunaan mobil dibatasi dikarenakan beberapa alasan yang telah disebutkan sebelumnya. Hal itu bisa digantikan dengan bersepeda dan berjalan kaki serta menggunakan kendaraan umum.

Contoh teks eksposisi kesehatan singkat

#5 Teks Eksposisi Tentang Kesehatan: Makanan Cepat Saji Buruk Bagi Kesehatan

Tesis

Makanan siap saji dikenal luas di sebagian besar negara di dunia. Makanan hampir instan ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang perkotaan yang sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan mereka sendiri. Mereka memilihnya karena tidak butuh waktu lama untuk disajikan dan bisa dibawa keluar.

Sekarang, makanan cepat saji telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kota karena menawarkan makanan yang lezat dengan harga murah. Namun, mengonsumsi makanan cepat saji seperti hot dog, hamburger, ayam goreng, minuman ringan, dan banyak lainnya sering kali dapat menyebabkan beberapa dampak buruk pada kesehatan Anda.

Argumentasi #1

Di banyak negara, ahli diet sering menekankan pada masalah mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji karena kandungannya hanya kalori kosong. Makanan cepat saji mengandung kalori yang tinggi dari lemak tidak sehat dan gula tambahan tetapi hanya memberikan sedikit nutrisi sebagai gantinya.

Ketidakseimbangan kandungan dari jenis makanan ini dapat memicu berbagai penyakit. Obesitas adalah salah satu dampak yang paling mungkin dari terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Selain itu, juga dapat meningkatkan risiko hipertensi, serangan jantung, serta diabetes.

Argumentasi #2

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Sekolah Kesehatan Masyarakat Minnesota telah menemukan bahwa makan makanan cepat saji dua kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan risiko terkena diabetes 27% lebih besar dan 56% meninggal karena serangan jantung, dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah makan makanan cepat saji.

Studi ini juga menemukan bahwa para partisipan yang dikenal mengonsumsi makanan cepat saji empat kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko kematian akibat serangan jantung yang secara signifikan lebih tinggi hingga 80%. Orang Barat yang suka mengonsumsi makanan cepat saji memiliki hormon insulin yang tinggi pada saat itu. Kasus ini dapat menyebabkan gangguan dalam proses metabolisme dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Argumentasi #3

Wanita hamil harus menghindari makan makanan cepat saji. Makan makanan seperti itu tidak hanya buruk bagi ibu itu sendiri tetapi juga bagi bayi di dalam kandungan. Bayi akan sangat rentan terhadap hipertensi dan diabetes. Selain itu, sejumlah penelitian di Cina telah menemukan bahwa tingkat kanker payudara telah meningkat karena gaya hidup modern dalam konsumsi makanan cepat saji.

Argumentasi #4

Sebuah studi dari Adelaide menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji sepenuhnya memiliki IQ lebih rendah daripada anak-anak yang tidak banyak makan makanan cepat saji. Meskipun perbedaannya tidak terlalu terlihat, penelitian ini membuktikan bahwa mengurangi anak-anak dalam mengonsumsi makanan cepat saji pada usia 6 hingga 24 bulan memberi efek kecil tetapi signifikan terhadap IQ mereka ketika mereka mencapai usia 8 tahun.

Selain itu, sebagian besar makanan cepat saji memiliki zat tambahan dan pemanis buatan untuk mempertahankan konsistensinya, menambah umur kadaluwarsa, dan juga untuk meningkatkan cita rasanya. Efek jangka panjang dari mengonsumsi makanan cepat saji akan membuat anak menjadi lebih hiper dan mudah terganggu. Hal itu juga akan menyebabkan anak, terutama untuk laki-laki, cenderung melakukan tindakan kekerasan.

Penegasan Ulang

Makanan cepat saji dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota. Namun, mengonsumsi makanan enak ini secara teratur dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit pada orang dewasa dan membuat anak-anak memiliki IQ lebih rendah dan menjadi lebih hiper aktif. Dari fakta di atas, tidak terkandung nutri yang cukup, hanya memenuhi keinginan dan rasa lapar kalian.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat Terbaru

Terimakasih telah membaca artikel lengkap mengenai contoh teks eksposisi tentang kesehatan beserta strukturnya lengkap dan terbaru. Jangan lupa untuk dibagikan kepada teman teman semua.

4 pemikiran pada “Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan”

Tinggalkan komentar